Rabu, 27 Mei 2009

JOGJA

Siang hari, panas - lapar tapi cuma bisa tenguk - tenguk di beranda kos-kosan. Seorang anak berlari sambil memayungi dirinya dengan tas karena ga tahan panasnya hari ini, sekumpulan mahasiswa cewek sedang bersenda gurau di warung depan dan hanya sedikit motor yang lewat. melamun...........

menunggu setengah jam akirnya kereta pramex datang juga. Sambil bersandar dan melihat keluar, aq berusah menikmati perjalanan q. Sepanjang perjalanan, kehidupan terkesan sangat alami. seorang bapak yang sibuk menjawab rentetan pertanyaan dari anaknya yang sangat antusias terhadap perjalanan pertamanya dengan kereta api, seorang ibu yang sangat lelah hingga tertidur pulas, dan beberapa remaja sibuk dengan handphone di tangan dan terkadang tersenyum-senyum sendiri. 
1 jam berlalu dan sampailah aq di stasiun tujuan q.....Stasiun Tugu Jogja.....
Jogja....tempat kelahiran q.....Semakin cantik dan indah....

Malioboro.....Siapa siy yang nggak kenal Malioboro....???Suatu pusat kerajinan dan pertokoan yang membentang dari stasiun Tugu hingga alun-alun utara. Banyak pendatang bilang..."belum lengkap rasanya kalau ke Jogja tapi nggak ke Malioboro"....

Dari stasiun aq mulai berjalan ke selatan. Berjalan sambil tengok kiri kanan melihat banyak sekali dagangan mulai dari barang kerajinan, perhiasan, pakaian, hingga pelukis sibuk dengan kegiatan masing masing dan para wisatawan yang tak habis-habisnya berlalu lalang di sepanjang "koridor" Malioboro. Suatu pemandangan yang sangat berbeda dan tidak ditemukan di tempat lain saat begitu banyak seniman berkumpul untuk menjajakan karya seninya. Hampir semua jenis karya seni dapat ditemukan di sini.
Huuuhhffff......Panas, pengab, penuh sesak, saking penuhnya semua bau bercampur sepanjang jalan.
Semakin ke selatan semakin aq meninggalkan kemodernan. hingga sampai pada sebuah pasar yang terkenal sebagai Pasar Beringharjo. Sekumpulan pedagang tradisional berkumpul untuk menjajakan dagangan pasar. Semakin ke selatan lagi sampailah aq di depan gedung agung dan benteng Vredeburg. 2 bangunan penting yang menjadi saksi bisu sejarah bangsa Indonesia. Di titik NOL Jogja, dibawah pohon rindang aq beristirahat menunggu seseorang yang akan membawa q ke rumah...Menikmati pemandangan dengan latar belakang benteng dan kantor pos besar Jogja.

Jogja...Akan berkembang sampai seperti apakah kau nanti.....????
Mbok Jamu...Kemanakah perginya engkau...?
andoredejava       

0 comments: